Cara Mengetahui Facebook dan Messenger kena Sadap – Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki paling banyak pengguna di seluruh dunia. Namun, hal ini pun membuat tingkat kasus penyadapan di akun Facebook semakin tinggi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami cara mengetahui Facebook disadap.

Dengan mengetahui akun Facebook sedang disadap, Anda bisa sesegera mungkin melakukan tindakan agar akun tidak disalahgunakan oleh pelaku penyadapan tersebut. Di bawah ini adalah cara mengetahui Facebook disadap beserta cara mengatasinya.

A. Cara Mengetahui Facebook Disadap dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

1. Cara Mengetahui Facebook Disadap

Agar selalu waspada, Anda disarankan untuk selalu mengecek keamanan akun Facebook. Hal ini dilakukan agar memperkecil celah orang yang ingin melakukan penyadapan akun Facebook Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui Facebook disadap:

  • Buka aplikasi Facebook.
  • Setelah itu pilih ikon strip tiga yang terdapat di bagian pojok kanan atas layar.
  • Gulirkan layar ke bawah dan pilih opsi Pengaturan.
  • Langkah selanjutnya lihat ke menu Keamanan lalu pilih opsi Keamanan dan Login.
  • Pilih opsi Tempat Anda Login. Pada opsi ini Anda akan diberikan informasi terkait Tempat, Lokasi, Perangkat, dan Waktu ketika melakukan login perangkat.

Jika informasi login yang didapatkan cocok, artinya akun Facebook Anda aman. Namun, jika terdapat kejanggalan perangkat atau lokasi login yang tidak dikenal, artinya Anda harus waspada karena kemungkinan akun Facebook Anda telah disadap.

  1. Cara Menyadap Messenger dan Facebook yang Berbahaya

Ada banyak cara menyadap messenger dan facebook yang berbahaya apabila sampai akun kamu kena. Sehingga sebelum kamu kena sadap messenger dan FB, sebaiknya kamu bisa menghindari. Misalnya dengan cara mengaktifkan autentikasi dua faktor.

Cara menyadap messenger dan FB ini sudah dibahas kangsandi secara lengkap. Sehingga dengan mengetahui cara sadap messenger ini kamu bisa menghindarinya.

3. Cara Mengatasi Facebook yang Disadap

Jika akun Facebook Anda disadap atau terdapat perangkat lainnya yang melakukan login, namun Anda tidak mengetahuinya, jangan panik dulu. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti di bawah ini:

Keluar dari Semua Sesi

  • Pilih opsi strip tiga di sebelah kanan layar.
  • Setelah itu pilih menu Pengaturan.
  • Pergi ke menu Keamanan, pilih opsi Keamanan dan Login.
  • Lihat menu Tempat Anda Login, lalu tap opsi Lihat Lainnya.
  • Nantinya akan muncul informasi semua perangkat beserta lokasi dan waktu akun login, pilih opsi Keluar Dari Semua Sesi.
  • Setelah itu pilih opsi Keluar.

Pada tahap ini akun Anda berhasil keluar dari semua perangkat yang sedang atau pernah terhubung. Di tahap ini pun penyadap tidak akan dapat menggunakan akun Anda lagi, karena di perangkat mereka pun akun Facebook Anda sudah keluar.

Ganti Password Facebook

Setelah Anda berhasil keluar dari semua perangkat, maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu mengganti password Facebook. Hal ini perlu dilakukan agar penyadap tidak dapat kembali masuk ke akun Facebook Anda dengan password yang sama.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti password di akun Facebook:

  • Lakukan login terlebih dahulu lalu pilih opsi garis strip tiga yang terdapat di sebelah kanan layar halaman utama.
  • Pilih menu Pengaturan.
  • Setelah itu pilih opsi Keamanan dan Login.
  • Gulirkan layar kebawah dan pilih opsi Ubah Kata sandi.
  • Nantinya terdapat 3 kolom yang perlu Anda isi. Kamu harus memasukan kata sandi lama, kata sandi baru, dan menulis ulang kata sandi baru di kolom terakhir.
  • Langkah terakhir yaitu tap tombol Simpan Perubahan.

Ketika membuat kata sandi baru, pastikan bahwa kata sandi yang Anda buat lebih unik dan sulit untuk diketahui oleh orang lain. Anda bisa menggunakan kombinasi angka, huruf kecil, dan huruf besar supaya orang lain tidak mudah membobol akun Facebook Anda.

Disarankan jangan menggunakan kombinasi angka lahir atau nama keluarga, karena itu sangat mudah ditebak oleh orang yang Anda kenal. Kamu juga harus rutin mengganti kata sandi agar akun Facebook tidak mudah disadap di kemudian hari.

Menggunakan Fitur Login Approvals

Selain cara-cara di atas, terdapat satu lagi cara yang bisa digunakan untuk mencegah akun Facebook Anda disadap, yaitu menggunakan fitur Login Approvals.

Dengan menggunakan fitur ini, maka setiap ingin login Anda akan dimintai kode unik yang dikirimkan melalui SMS. Tanpa memasukan kode unik tersebut Anda tidak akan bisa melakukan login. Berikut ini langkah mengaktifkan fitur Login Approvals:

  • Buka aplikasi Facebook lalu pilih menu Pengaturan.
  • Pilih menu Security, di sana nantinya terdapat beberapa opsi pengaturan, salah satunya pengaturan Login Approvals.
  • Centang kolom “Require a login code to access…” lalu tap Save Changes.
  • Nantinya akan muncul jendela pop up “What are Login Approvals?”, pilih Get Started dan ikuti langkah-langkah

B. Ciri-Ciri Facebook Disadap

1. Aktivitas yang Tidak Diketahui

Ciri-ciri akun Facebook yang telah disadap adalah adanya aktivitas yang tidak diketahui. Biasanya aktivitas ini dapat dilihat ketika munculnya status yang padahal tidak pernah Anda update. Selain itu, adanya komentar di postingan pengguna lain yang tidak pernah Anda lakukan.

2. Terdapat Aktivitas Messenger di Kotak Masuk

Ciri-ciri selanjutnya yaitu adanya aktivitas yang dilakukan pada fitur messenger. Biasanya hal ini dapat terlihat jika teman melihat akun Facebook Anda sedang online, padahal ketika itu Anda tidak sedang membuka aplikasi.

3. Adanya Notifikasi Perangkat Tidak Dikenal

Kamu dapat mengetahui bahwa adanya percobaan melakukan penyadapan akun Facebook, dengan melihat notifikasi perangkat yang tidak dikenal. Jika terdapat kejadian ini, sebaiknya Anda perlu mengganti kata sandi Facebook secepat mungkin.

Dengan memahami cara mengetahui Facebook disadap, tentunya risiko aktivitas yang tidak inginkan menjadi lebih dapat diminimalisir. Namun jika sudah terlanjur disadap, Anda bisa menggunakan cara mengatasinya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Comments are closed.